9.18.2010

Kuliner Cirebon

Jelang Lebaran tepatnya H-3 Lebaran ini gw ahirnya bs mudik jg, sbuah kota d tepi pantai utara jawa pun jadi tujuan gw. Yupph that's Cirebon City....sbuah kota yang ga bisa dipisahkan dari perjalanan hidup gw, kota yang membuat gw tercipta dan merasakan nikmatnya karunia Tuhan yg bgitu besar...karena di kota ini pula nyokap-bokap dpertemukan dan dianugerahi keturunan2ny dsni....^^

Ngomongin Kota Cirebon  pasti langsung konek ama urusan laporan jalur mudik n pantura,yaah secara jalur kota ini bakal sering ngeksis saat musim mudik...heee soalnya jalur ini jadi jalur utama pemudik bwt pemudik yang ke arah Jawa alias ke wilayah Jawa tengah or Jawa Timur. Apa lagi dikota ini juga jadi pertemuan dua arah arus mudik dr 2 kota besar d Indonesia => Jakarta n Bandung.
Tapi,ngomongin kota Cirebon juga ga bisa lepas dari urusan makanan alias wisata kulinernya. apa lagi buat gw yang hoby bgt dg urusan ini!heeee
"kpn pun n dmn pun gw ngunjungin suatu tempat,hal prtama yg harus gw cari n gw jajal adlh urusan makanan or kulinernya..."

banyak banget wahana wisata kuliner yang bisa ditemui di kota ini dan gak bakal ditemuin di daerah lainnya pastinya...Kuliner andalan kota tercinta gw ini antara lain : Empal Gentong, Empal Asem, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Tahu Gejrot, Tahu petis, Mie Koclok pake "L" yhaa... dan Docang.

Well, bakal gw deskripsikan sesuai perasaan lidah gw aj yaa.....Heeee

#Empal Gentong en Empal Asem
Empal Gentong, ni andalan makanan khas Cirebon bgt...ni makanan ajiebb bgt deeh...skali makan langsung kenyang pastinya..heee
Empal gentong mirip2 sama gulai,kuah santen kuning gt deeh...isinya danging sapi n jeroannya kalo suka...yang khas n spesial dr makanan ini y gentongnya,ni makanan kuah n dagingnya drebus k dalem gentong gerabah gede n dbakar pake tungku dg bahan bakar alami alias kayu bakar. tp klo penyajianny siih tetep aj d mangkok...^^
Kalo Empal Asem cuma rasa kuahnya aj yg seger n asem2 gimana gt...heee kuahnya juga ga bersantan alias bening, rasa asem yg dihasilkan dari belimbing wuluh yg kecil2 ntu.
so pastii bikin nagiih...heeee
Empal Gentong
Empal Asem
 # Nasi Jamblang
Yang bikin spesialny tu nasi dbungkus pake daun jati...n ukuranny mungil2...jd lw bs makan nentuin nasi sesuka lw aj kuatny brp kepel...heee
kalo lauk pelengkapny c,beuuh...bejibuun...tinggal pilih dantara baskom2 yg bjejeran...tp yg paling gw suka sate kentang ma ikan tongkol bumbu cabeny.hoaamm...sluurrpph..
 

# Nasi Lengko 
Makanan berat yg mnurut gw paling simpel n gampang bgt kl mo bikin sndri,secara wkt gw msh kulian n jd anak kost sejati,gw ma tmen2 paling sering bikin sndri makanan ini...tggl campurin potongan tempe,tahu,toge,timun,kucurin saus kacang taburin bawang ma kucai ddikit...pluss kocrotin kecap manis....langsung kenyang ni perut..
 

# Tahu Gejrot
Tahu gejrot mang paling asik dmakan wktu lagi nyantei,secara ni makanan ga berat2 amat n porsinya jg mungil d atas piring kecil item dr tanah liat.rasanya manis agak2 asin,n seger2 aroma bawang merah..kl suka pedes tggl kasih cabe rawit ulek dikit...harganya juga pasti sesuai kantong laah...

 

# Mie Koc"l"ok
Nyebutin nama makanan ini ati2 ketuker ama mie kocok bandung,cuma beda huruf "L" aja ditengahnya...yaa walaupun msh satu maknsa sbenernya. tp bentuk n rasa nya dah beda bgt ama mi kocok bandung...kl mi kocok BdG kuahny bening n isinya kikil sapi. kl mie koc"l"ok cirebon pake kuah santan kental n gurih, isinya mie,kol,toge ayam yg dsuir2 ma telor rebus...sedepp n guriih bgt... 
 

# Docang
Naah ini dia makanan super aneh yg gw pernah makan, n cuma gw temuin d cirebon. kl ditanya gmn rasanya,sbenerny gw juga bingung jawabnya...yg jelas guriih deh...
isinya lontong,daun singkong,toge,trs dksh parutan kelapa n krupuk..baru dsiram ama kuah spesialnya....tu dy yg bikin ajiiebb rasa kuahnya,abis susah bwt ddeskripsiin rasany...heeee 


 Jadi jangan lupa yaah kalo lagi mudik or kapan pun lewat kota Cirebon ayoo pada mampir ksni n nikmatin  Wisata kuliner yang pastinya ajiiiiieeeebbbhhh............^^

Calling2 gw aja kalo Nyasarr...............hahahhaa

4 comments:

  1. ough... gw kangen ama tahu gejrot nya...
    maknyus bet dah..

    ReplyDelete
  2. yoiyoi...ayoo lah maen2 k Cerbon brur...
    blom nyobain menu yg laenny kn...???heeee

    ReplyDelete
  3. gado gado ayam jangan lupa lud. kuen sing paling enak

    ReplyDelete
  4. @Imam. yupppss...pastinya y broo...manteb jalidd daah!!

    ReplyDelete