3.11.2013

Wayang Beber. Seonggok Peradaban yang sedikit tersisih

Apa yang pertama kali nonglol di pikiran lo kalo ngedenger kata WAYANG..???
Wayang Golek, Wayang Kulit, Jawa, or nama salah satu Band di tahun 90-an...yaaah apapun itu, kata Wayang ga bisa dipisahin dari Negri ini.

Masih dari cerita One Day Leave gw, yang ngunjungin museum Wayang di Kota Tua Jakarta. Ada rasa takjub, kagum dan haru...Takjub sama hasil karya leluhur yang begitu detail, Kagum dengan mereka yang masih mau ngelestariin warisan budaya ini, dan Haru...karena museum yang banyak nyimpen peradaban bangsa ini berasa sepi.

Gw emang ga terlalu tahu sama tokoh-tokoh yang diceritain, tapi banyak hal yang gw tangkep dari cerita yang ditulis di tiap etalase yang ada. yang intinya tentang pesan-pesan moral dalam berkehidupan. Itu juga yang gw dapet dari hasil obrolan ama seorang seniman Wayang Beber yang kebetulan lagi ada workshop di Museum Wayang. Dari tampangnya emang seniman banget, apa lagi setalah ngobrol-ngobrol pola pikirnya bikin ngebuka pikiran gw juga kalo wayang bukan cuma seonggok boneka kulit atau kayu, tapi wayang juga peradaban bangsa yang katanya cermin karakteristik rakyatnya. Dan emang kalo ditelusur lebih dalam, kejadian jaman dulu yang diceritain lewat watak n karakter wayang ini juga masih ada sampai jaman sekarang. Masalah sosial, politik, perebutan kekuasaan sampai kisah percintaan dan pengorbanan masih sering kita temuin di jaman sekarang.

Sebuah bentuk wayang yang ternyata baru gw tahu, gw temuin di sini. Wayang Beber, sebuah mahakarya leluhur yang sudah berkembang di masa kerajaan Majapahit berupa cerita pewayangan yang dikisahkan pada selembar kain atau kertas. Wayang ini dimainkan dengan cara dibeberkan dan disusun adegan per adegan sesuai alur cerita. Beruntung juga gw bisa ikut workshopnya dan nyobain bikin wayang beber ini di selembar kain dengan pola wayang yang udah ada dan dialasi kertas karbon.

Ga seperti wayang kulit atau wayang golek yang mungkin sudah begitu tersohor namanya, wayang beber meski sedikit tersisih, tapi pesona nya akan selalu ada dan terpancar berkat mereka-mereka yang begitu peduli dengan sebuah kelestarian peradaban bangsa. Dan mungkin orang-orang itu elo salah satunya.



Anyway, berat bener ye bahasa gw ngebahas Peradaban...hee
Tapi yaah balik ke pribadinya masing-masing aja, masih mau menghargai sebuah peradaban atau ga.
Yang jelas kalau bukan kita siapa lagi yang bakal ngelestariin Mahakarya ini.
^__^

No comments:

Post a Comment