11.20.2013

Journey to The East Java #Part2

Hangatnya pantai dan semua keindahan alam yang kita temui di Segara anakan kepaksa harus kita tinggalin, padahal hasrat buat lebih lama disini masih ada banget, apa daya alam yang membatasi. Apalagi hari udah makin sore. Repot kalau kita belum sampe di Teluk Semut, tempat penjemputan kapal di Pulau Sempu. Ahirnya kapal yang kita tunggu dateng juga. Saatnya kita pulang!! Sunset menyapa kami sebagai tanda perpisahan...Terimakasih Pulau Sempu...
Kelar bersih-bersih mandi di Sendang Biru, kita langsung lanjutin perjalanan. Saatnya kita menuju Negeri di atas awan" yang kita impikan. Senja mengantarkan kami kembali ke Malang, bersiap melanjutkan perjalanan. Sekitar jam 10 malam kami sampai di Kota Apel, dari suasana n hawanya gw rasa ini bandungnya jawa Timur, berhubung bingung mo pada makan apa ahirnya mentok makan di McD..jiiaahh. Kalo gw sendiri mutusin buat makan di luaran toko nya si badut Ronald itu, kebetulan ketemu sama yang jualan Tahu Campur. Makanan dengan isi potongan tahu, toge, potongan daging dan kuah petisnya rasanya agak unik buat gw. campuran manis, asin n gurih nyatu di mulut. Not bad laah yaa buat ngisi perut malam ini.heee
Beres makan-makan, kita mutusin buat ke Kota Batu, kota yang pernah gw datengin sekitar 3 tahun lalu, bisa diliat catetan perjalananya disini. Sekitar jam setengah 11-an kita nyampe Batu n langsung meluncur ke BNS yang emang wajib banget kalo mampir ke Batu apa lagi malem gini. Disini kita banyak ngabisin waktu buat foto-foto n masuk ke beberapa wahana.

Puas foto-foto n naikin adrenalin di BNS, kita langsung meluncur ke Bromo. Tapi dingin-dingin gini enaknya kita nyari sesuatu yang bisa ngengetin badan, n pilihan kita jatuh ke angkringan wedhang di depan gedung sasana budaya, ada Wedang Ronde n Wedang Angsle. Wedang ronde mungkin udah banyak yang tau, kalo wedang angsle cuma ada di Malang gw rasa, wedang anget pake kuah santen yang diisi potongan roti, ketan n pacar cina.pass bangett buat ngengetin badan malem ini.

Kelar ngangetin badan kita langsung meluncur ke TKP. Butuh waktu sekitar 3jam dari kota Malang ke Cemoro Lawang, pendaratan mobil terahir buat yang mau nanjak ke Bromo via Penanjakan 1. Gilaa...hawa nya mulai ga bersahabat, badan ngegigil parah nahan dingin, idung dah meler aja, baju dobel plus jaket, sarung tangan n syal tebel di leher kayaknya kurang mempan buat nahan hawa dingin yang nyusup ke tulang gw..pake acara kebelet pipis pula, kebayang gw harus nyentuh air beku di toilet yang gw temuin..hoaahh..kisustuss mampuss..hahahaaa Di penanjakan 1 ini bakal banyak bapak-bapak yang nawarin hardtop nya buat ke atas nemuin sang fajar yang udah kita hayalin sepanjang jalan. Nego sana sini ahirnya dapet juga harga paling rendah, 500ribu buat 4 tempat (Sunrise di Bromo, Kawah Bromo, Bukit Teletubies n Lokasi syuting film Pasir Berbisik).

Sekitar jam 3.30 pagi kita udah di hotspot yang dinanti siap buat menyapa sang fajar. Diantara hawa dingin yang makin nusuk ada semangat yang menghangatkan..gw penasaran banget sama lukisan langit n titik munculnya sang fajar. Diantara gelap gw bisa ngeliat samar-samar goresan langit warna ungu kemerahan yang makin lama makin terang, sosok gelap dibawah kami pun makin nyata, lautan awan penuh pesona diantara gundukan tanah yang begitu kokoh..yaa..itu sang Bromo dan kawan-kawannya diantara mereka ada Semeru dengan puncaknya Mahameru yang begitu menjulang dan paling tinggi diantara mereka. Kebayang kayak sebuah keluarga mungkin kakak-adik atau bahkan antara orang tua dan anak..aahh sudahlah cuma ngayal. Tapi yang jelas ini gokill banget men, kita di atas awan..inilah negeri di atas awan yang selalu gw idamin. Trimakasih Allah atas segala keindahan ciptaan Mu..kami merasa begitu kecil.
Selesai menyapa sang fajar kami kembali ke bawah menuju lokasi berikutnya. Sepanjang perjalanan ke bawah banyak warung berjejer yang seolah-olah manggil kami buat mampir nyeduh teh atau segelas jahe panas. Tapi yang paling nampol adalah pisang gorengnya...aseli ga berasa panas nyampe lidah padahal baru aja di goreng.hahaa

Lokasi selanjutnya adalah Kawah Bromo, hamparan pasir maha luasdengan kawah di ujungnya terpampamg di depan kita. Ada sekitar 500meteran dari tempat parkit hardtop kita buat sampe ke kaki gunungnya, belum lagi 250anak tangga yang harus kita hadapin buat ke bibir kawahnya, apadaya kaki buat nanjak udah ga kuat lagi sisa perjuangan di Sempu. Alhasil kita cuma bisa nikmatin pesona kaki gunungnya aja. Sayang sebuah tragedi mengacaukan suasana, emosi, kesel, badmood, kita treak-treak ngluapin semua kekesalan sampe ada yang netesin air mata juga..hikzzz. Sebuah  sesi curcol "curhatan para sapi perah" di kaki Gunung Bromo, kami berpelukan menutup sesi. Acungan jari tengah dari kami semua. Aaah sudahlah...
Tuhaaann...kami hanya manusia biasa, kami hanya ingin merefresh kepala kita dari segala kepenatan. Itu sajaaa........

Ga mau lama-lama di tempat tadi, kita langsung meluncur ke lokasi ke tiga. Sebuah padang savana berbukit diantara tebing-tebing kekar menyambut kedatangan kita. Dari jauh gw bisa ngeliat bukit hijau mirip kubah lebar persis sama lokasinya para Teletubies di film-film nya, ini dia ternyata yang dimaksud bukit Teletubies nya Bromo.heee
Cuaca makin terik tapi hawanya masih adem...beberapa diantara kita udah ada yang tepar n lebih milih buat tiduran di jeep. Capek fisik, capek pikiran juga kali yee....hahaa Cuma empat orang dari kita yang turun n narsis-narsisan, apa lagi begaya ala coboy naik kuda, berasa di setting film nye "The Lone Ranger". hahahaaa

Hari makin terik, luntur kayaknya semangat buat ke lokasi terahir Pasir Berbisik. Alhasil kita cuma lewatin tu tempat. Nothing special sih, cuma padang pasir n angin yang mungkin bisa ngebisikin kedamaian buat hati kita siang ini. Kayak gini penampakan padang pasirnya.... #hasiljepretdaridalemjeep
Puas sama pesona pegunungan Bromo dengan hati yang masih sedikit panas cocok kayaknya buat nyari yang dingin-dingin. Pengen ngejebur ke air rasanyaa...buat dinginin suasana hati. Kata orang pucuk dicinta ulam tiba, yeaaahhh...sang sopir andalan kami ngajak ke suatu tempat yang katanya keren parraahh n pas banget buat ngademin suasana.

Sebuah Air terjun alias Coban kalau kata orang Jawa Timur sini bakal kita satronin...yeaaaaahhhhhh!!!!! Lets go genkzzzz!!! ;D